10 Gerakan Yoga untuk Pemula

yoga-title

Setelah kita memberikan informasi mengenai manfaat dalam melakukan yoga, sekarang kami berikan beberapa contoh gerakan yoga yang dapat anda lakukan jika anda adalah pemula dalam bidang ini.

10 pose ini adalah latihan yoga yang lengkap. Bergerak perlahan dalam melakukan setiap pose, dan ingat untuk atur pernafasan saat anda melakukan yoga. Berhentilah atau beristirahatlah sejenak setelah anda melakukan gerakan apa pun yang anda rasa menantang atau susah, terutama jika anda kehabisan napas, dan mulai lagi ketika pernapasan anda kembali normal. Idenya adalah untuk menahan setiap pose selama beberapa menit, napas secara perlahan sebelum melanjutkan gerakan yang berikutnya.

Child’s Pose

Child's-Pose

Mulailah dengan child’s pose ini, baik dengan kedua kaki Anda bersama-sama dan kaki terpisah agar perut Anda menggantung di antara kaki Anda. Ambil beberapa napas ke punggung bawah Anda di sini. (Anda juga bisa meletakkan tangan di depan Anda, telapak tangan di tanah untuk peregangan yang lebih besar).

Note : Lakukan latihan ini jika anda ingin mendapatkan peregangan lembut yang bagus melalui tulang belakang leher dan pinggul Anda. Jangan lakukan latihan ini jika Anda memiliki cedera lutut atau masalah pergelangan kaki. Hindari juga jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau sedang hamil.

Saat menarik napas berikutnya, luruskan kaki Anda, dan angkat punggung Anda sehingga Anda berada di pose downward-facing dog .

Downward-Facing Dog

Downward-Facing-Dog

Downward-facing dog memperkuat lengan, bahu dan punggung sambil meregangkan paha belakang, betis, dan lengkungan kaki Anda. Ini juga dapat membantu meringankan sakit punggung.
Setelah Anda menarik napas dalam-dalam pada downward-facing dog , naiklah ke atas jari-jari kaki anda, dan melangkah atau lompatlah kedua kaki ke depan tikar anda. Anda akan ingin kaki berada tepat di belakang tangan anda seperti anda menyentuh jari-jari kaki.

Note : Latihan ini dapat membantu meringankan sakit punggung. Pose ini tidak dianjurkan jika Anda memiliki sindrom carpal tunnel atau masalah pergelangan tangan lainnya, memiliki tekanan darah tinggi atau sedang dalam tahap akhir kehamilan.

Cobra Pose

Cobra

Pose cobra ini dapat membantu memperkuat otot-otot punggung, meningkatkan fleksibilitas tulang belakang dan meregangkan dada, bahu, dan perut.

Note : Gerakan ini bagus untuk memperkuat bagian belakang. Jangan lakukan jika Anda menderita radang sendi di tulang belakang atau leher, cedera punggung bawah atau sindrom terowongan karpal.

Tree Pose

Tree-Pose

Tempatkan kaki kiri Anda di bagian dalam kaki kanan Anda. Angkat kedua tangan ke atas, dan sentuh kedua telapak tangan Anda bersamaan. Ulangi dengan kaki yang berlawanan. Selain membantu meningkatkan keseimbangan Anda, gerakan ini juga dapat memperkuat core, pergelangan kaki, betis, paha, dan tulang belakang Anda.

Note : Gerakan ini sangat bagus untuk memperbaiki keseimbangan dan postur tubuh Anda. Jangan lakukan jika anda memiliki tekanan darah rendah atau kondisi medis apa pun yang memengaruhi keseimbangan anda.

Seated Twist

Seated-Twist

Turunkan tubuh Anda ke bawah ke posisi duduk. Tekuk kaki kanan Anda ke sudut 90 derajat, dan ayunkan kaki kiri Anda sehingga kaki kiri Anda menempel di luar lutut kanan Anda. Pegang kaki kiri Anda dengan tangan kanan, dan putar bahu kiri Anda. Tahan selama beberapa hitungan.

Note : Latihan ini digunakan untuk melepaskan otot tegang di sekitar bahu dan punggung atas dan bawah. Tetapi jangan lakukan gerakan ini jika anda memiliki cedera punggung.

Pigeon Pose

Pigeon-Pose

Duduk dengan nyaman, bawa lutut bagian depan mendekati 90 derajat seperti yang dimungkinkan tubuh Anda. Untuk pose lengkap, Anda akan memperpanjang kaki kanan sepenuhnya ke belakang

Note : Latihan ini dapat meningkatkan rentang eksternal gerakan tulang paha di soket pinggul , jangan lakukan gerakan ini jika anda memiliki cedera lutut.

Warrior Pose

Warrior

Majukan salah satu kaki anda dan tekuk 90 derajat, lalu rentangkan kaki satunya kebelakang , lalu angkat kedua tangan anda keatas seperti di gambar. Tahan gerakan ini untuk beberapa detik

Note : Gerakan ini dapat memperkuat kaki, membuka pinggul dan dada dan meregangkan lengan dan kaki. Jangan lakukan jika anda memiliki cidera baru atau kronis pada pinggul, lutut, punggung, atau bahu.

Triangle Pose

Triangle-Pose

Triangle pose merupakan gerakan dari banyak rangkaian yoga membantu membangun kekuatan di kaki dan meregangkan pinggul, tulang belakang, dada, bahu, pangkal paha, paha belakang dan betis. Gerakan ini juga dapat membantu meningkatkan mobilitas di pinggul dan leher.

Note : Gerakan ini bagus untuk membangun kekuatan dan daya tahan. Hindari gerakan ini jika anda memiliki sakit kepala atau tekanan darah rendah.

Mountain Pose

Mountain-Pose

Berdiri tegak , lalu tekuk dan bayangkan anda melengkungkan punggung anda lalu distribusikan berat anda ke kaki anda. Saat terasa benar, angkat kedua tangan ke atas kepala

Note : Ini meningkatkan postur dan, ketika dilakukan secara teratur, dapat membantu mengurangi sakit punggung. Gerakan ini memperkuat paha, lutut, pergelangan kaki, perut, dan bokong. Jangan lakukan gerakan ini jika Anda sedang mengalami sakit kepala, susah tidur, tekanan darah rendah, atau jika Anda pusing

Bridge

bridge

Gerakan ini adalah pose membungkuk yang meregangkan otot-otot dada, punggung, dan leher. Ini juga membangun kekuatan di punggung dan otot-otot hamstring.

Note : Lakukan gerakan ini jika Anda duduk sepanjang hari, pose ini akan membantu Anda membuka dada bagian atas, dan hindari pose ini jika anda memiliki cedera leher.

Sobat Yakin Sehat begitulah beberapa gerakan yoga untuk pemula yang kita informasikan untuk anda. Jadi tunggu apa lagi, segera lakukan beberapa gerakan dan yakinlah gerakan ini dapat membuat anda menjadi lebih sehat. Terima kasih Sobat Yakin Sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *