Calisthenic, Kian Digandrungi Remaja Masa Kini

stretching

Apakah anda tahu video-video Instagram yang Anda lihat dengan orang-orang yang memiliki badan berotot dan melakukan human flag? Itu calisthenic.
Apakah anda tahu ketika anda melakukan push-up atau sit-up di rumah atau di gym? Itu calisthenic.
Apakah anda tahu ketika anda melihat banyak orang di taman, melakukan gerakan gerakan dengan menggunakan tiang di taman? Itu calisthenic.
Oke, jadi seperti itu kelihatannya.

Dalam istilah yang paling sederhana, calisthenic adalah jenis latihan di mana anda hanya menggunakan berat badan anda. Tidak seperti angkat berat yang anda lakukan di tempat gym, di mana anda menambahkan beban pada barbel atau dumbel untuk meningkatkan kesulitan, dengan calisthenic, tubuh anda dapat menawarkan semua hal tersebut.

Latihan calisthenic telah ada sejak zaman Yunani kuno. Gerakan-gerakan ini adalah bagaimana orang-orang Yunani dilatih untuk perang. Kata ” calisthenic” berasal dari kata-kata Yunani, kilo sthenos, atau “kekuatan yang indah.” Prajurit dilatih dengan melakukan push-up, pull-up, chin-up, dan banyak gerakan lain yang juga anda lakukan di gym.

pullup-woman

Manfaat Melakukan Gerakan Calisthenic

Tidak ada peralatan yang diperlukan. Anda tidak perlu Squat rack, Dumbel, atau bahkan membership gym untuk melakukan calisthenic. Yang anda butuhkan adalah berat badan Anda sendiri dan sedikit ruang untuk melakukan gerakan calisthenic.

Anda lebih cenderung mempelajari gerakan latihan yang tepat. Dalam melakukan latihan di gym, kadang-kadang orang menjadi begitu fokus pada seberapa banyak berat yang mereka angkat, mereka lupa mengangkat dengan postur tubuh yang benar. Dengan menggunakan berat badan Anda, dimungkinkan untuk melakukan gerakan yang anda bisa kontrol sendiri, sehingga dapat mengurangi risiko cedera.

pull-up-1

Anda melibatkan seluruh tubuh Anda. Banyak gerakan calisthenic adalah latihan seluruh tubuh. Push-up, ketika dilakukan dengan benar, menggunakan dada, trisep, abs, dan bahkan paha depan Anda. Tanpa disadari, Anda melakukan latihan seluruh tubuh secara bersamaan hanya dengan satu gerakan saja.

Anda dapat meningkatkan kekuatan Anda. Jika kekuatan adalah tujuan anda melakukan latihan ini, kemungkinan besar anda akan menikmati hasil calisthenic. Pikirkan tentang hal ini: Jika anda seorang wanita yang berusaha melakukan pull-up pertamanya, dan anda memiliki berat 60kg, maka Anda harus dapat mengangkat beban seberat 60kg di atas pull-up bar itu.

human-flag

Apakah dengan melakukan calisthenic memungkinkan anda untuk dapat membantu tujuan dalam diet keto? Ya, Anda beruntung.

Mengikuti program latihan beban tubuh, termasuk yang menggunakan gerakan calisthenic, dapat membantu mengurangi lemak sambil menjaga massa otot tanpa lemak.

Satu studi menganalisis kekuatan tubuh bagian atas tidak menemukan perbedaan antara efektivitas pelatihan calisthenic dan latihan dengan menggunakan beban dumbell atau barbell.

Jika tujuan Anda adalah memperbaiki komposisi tubuh Anda, maka menggabungkan olahraga dengan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak akan memberi Anda hasil yang lebih baik daripada diet atau olahraga saja.

Oleh karena itu, memasukkan gerakan calisthenic ke dalam rutinitas mingguan Anda sambil mengikuti diet keto yang bersih, dapat menunjukkan hasil yang lebih baik daripada hanya makan keto yang ketat.

Ingatlah untuk Memulai Dengan Latihan Dasar Terlebih Dahulu

squat-calisthenic

Latihan calisthenic telah ada sejak zaman Yunani kuno. Sementara mereka melihat kebangkitan popularitas calisthenic karena CrossFit dan parkour, dan banyak gerakan calisthenic yang anda sudah lakukan di gym.

Calisthenic adalah gerakan dengan menggunakan berat badan mulai dari melakukan squat sederhana, pull-up, dan melakukan human flag yang tampaknya mustahil.

Meskipun Anda harus melakukan latihan dengan pelatih pribadi sebelum mencoba gerakan yang lebih menantang, anda selalu dapat memulai dengan dasar-dasar seperti squat, push-up, dan bahkan burpe. Anda tidak perlu keanggotaan gym yang mewah dan anda tidak perlu membeli peralatan apa pun.

Lebih baik lagi, menggabungkan gerakan senam dapat mendukung tujuan Anda pada diet ketogenik. Dengan menggabungkan rencana diet rendah karbohidrat dan olahraga keto, Anda lebih cenderung melihat (dan merasakan) perubahan positif dalam komposisi tubuh.

Begitulah pembahasan kita kali ini mengenai Calisthenic.
Dalam pembahasan berikutnya kita akan memberikan beberapa contoh gerakan calisthenic dasar yang anda dapat lakukan sendiri di rumah, sehingga anda dapat mengukur seberapa efektifnya latihan ini jika dilakukan secara teratur oleh anda. Salam Sobat YakinSehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *