Ini Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh Anda

vitamin c

Asam Askorbat, atau yang biasa kita sebut dengan Vitamin C merupakan vitamin yang paling terkenal untuk menangkal virus sekarang ini. Vitamin C dikenal karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi seperti pilek dan flu di musim pancaroba.

Tetapi yang belum diketahui banyak orang adalah bahwa vitamin C merupakan antioksidan yang melakukan berbagai peran dalam tubuh. Antioksidan ini membantu membuat gusi dan gigi menjadi lebih sehat, membantu penyerapan mineral, dan membantu menyembuhkan luka. Vitamin ini juga merupakan vitamin yang mampu larut dalam air, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

Lalu, Apa manfaat lainnya bagi Anda?

Vitamin C memiliki peran penting dalam pembentukan jaringan ikat, tulang rawan, dentin gigi, kulit dan tendon – menjadikannya salah satu vitamin terbaik untuk dikonsumsi.

Selain itu, vitamin C memiliki antioksidan kuat yang bereaksi dengan radikal bebas. Melalui mekanisme ini, vitamin melindungi tubuh dari serangan kanker dan penyakit gaya hidup lainnya.

Vitamin C juga terkenal karena mekanisme meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Ini juga membantu menjaga membran mukosa tetap utuh.

Makanan apa saja yang mengandung vitamin C?

Beberapa makanan yang mengandung vitamin C yaitu :

Pepaya, jambu biji, beri, paprika hijau, kiwi, brokoli, stroberi, buah jeruk seperti jeruk, lemon, kol dan kembang kol.

Berapa banyak vitamin C yang Anda butuhkan per hari?

Menurut RDA (Recommended Dietary Allowances), saat ini kebutuhan vitamin C untuk pria sebesar 90mg dan 75mg untuk wanita.

Tetapi beberapa ahli gizi mengatakan bahwa 1000mg vitamin C sehari dapat dikonsumsi dengan aman dalam jangka panjang. Batas asupan atas yang dapat ditoleransi (UL) adalah 2000 mg per hari.

Berapa batas mengkonsumsi vitamin C?

Meskipun vitamin C aman dikonsumsi hingga 2.000 mg per hari. Jika Anda meminum lebih dari 5.000mg (5g) atau lebih per harinya dapat menyebabkan diare dan dapat merusak hati. Orang yang menderita batu ginjal juga harus menghindari dosis besar.

Tanda-tanda Anda kekurangan vitamin C

Jika Anda mudah memar, sering mengalami flu, kekurangan energi, memiliki gusi yang mudah berdarah dan mengalami mimisan secara teratur, kemungkinan Anda kekurangan vitamin C.

Faktor lain yang menjadi tanda Anda kekurangan vitamin C adalah Anda merupakan perokok berat, sering terpapar polusi, juga sering mengkonsumsi kafein. Selain itu, jika Anda sedang dalam tekanan, dalam pemulihan dari penyakit atau pembedahan, minum aspirin secara teratur atau berusia di atas 55 tahun Anda juga lebih rentan kekurangan vitamin C

Beberapa Penelitian tentang vitamin C menunjukkan bahwa suplemen vitamin C terbukti mengurangi risiko pengembangan katarak di kemudian hari, juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

Itulah beberapa manfaat dan beberapa informasi lainnya mengenai Vitamin C yang perlu Anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *