Kebiasaan Sehat untuk Membantu Mencegah Penyebaran Flu

Satu-satunya cara terbaik untuk mencegah flu musiman adalah mendapatkan vaksinasi flu setiap tahun. Ada juga obat antivirus flu yang dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah flu. Namun, selain melakukan kebiasaan baik seperti menutupi batuk dan sering mencuci tangan, ada pula berbagai cara lainnya. Beberapa cara di bawah ini akan membantu Anda mempelajari langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari flu dan membantu menghentikan penyebaran kuman.

Hindari Kontak Langsung.

Hindari kontak langsung dengan orang yang sakit. Ketika Anda sakit, jaga jarak Anda dari orang lain untuk melindungi mereka dari sakit juga.

Tetap di Rumah Saat Anda Sakit.

Jika mungkin, tinggal di rumah dari kantor, sekolah, dan tugas ketika Anda sakit. Ini akan membantu mencegah penyebaran penyakit Anda kepada orang lain.

Tutup Mulut dan Hidung Anda.

Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk atau bersin. Ini dapat mencegah orang-orang di sekitar Anda jatuh sakit. Flu dan penyakit pernapasan serius lainnya, seperti respiratori syncytial virus (RSV), batuk rejan, dan sindrom pernafasan akut yang parah (SARS), disebarkan oleh batuk, bersin, atau tangan yang tidak bersih.

Bersihkan Tangan

Sering mencuci tangan akan membantu melindungi Anda dari kuman. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan antiseptik berbasis alkohol seperti hand sanitizer.

Berikut beberapa waktu penting untuk mencuci tangan

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum makan
  • Sebelum dan sesudah merawat seseorang di rumah yang sakit muntah atau diare
  • Sebelum dan sesudah merawat luka atau luka
  • Setelah menggunakan toilet
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan toilet
  • Setelah meniup hidung, batuk, atau bersin
  • Setelah menyentuh binatang, pakan ternak, atau kotoran hewan
  • Setelah menangani makanan hewan atau memperlakukan hewan peliharaan
  • Setelah menyentuh sampah

Hindari Menyentuh Mata, Hidung, atau Mulut Anda.

Kuman sering menyebar ketika seseorang menyentuh sesuatu yang terkontaminasi dengan kuman dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulutnya.

Lakukan Kebiasaan Baik Lainnya.

Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh di rumah, tempat kerja atau sekolah, terutama ketika seseorang sakit. Tidur nyenyak, aktif secara fisik, kelola stres, minum banyak cairan, dan makan makanan bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *