Masker kain, kian dicari untuk menanggulangi virus corona

man-mask

Di tengah pandemik virus corona saat ini, orang berbondong bondong untuk mendapatkan beberapa peralatan untuk pencegahan dini, seperti masker, alkohol dan juga hand sanitizer. Masker sebenarnya hanya digunakan oleh orang yang mengidap penyakit tersebut, tetapi dikarenakan kita tidak mengetahui siapa yang sakit dan siapa yang tidak maka kita harus menjaga diri dari penyakit tersebut. Hal ini menyebabkan barang di pasaran memiliki kuantitas yang lebih sedikit dibandingkan permintaan, sehingga menyebabkan harga barang tersebut melonjak tajam. Kita ambil contoh harga masker surgical yang beredar di Indonesia. Sebelum mewabahnya virus corona, masker surgical ini hanya berada di-kisaran harga 20.000 sampai dengan 30.000 rupiah per box nya yang berisi 20 masker, sedangkan sekarang kita bisa lihat harga masker di beberapa toko online di kisaran harga sebesar 300.000 rupiah. Pelonjakan harga ini bukan saja merugikan masyarakat biasa namun juga tim medis yang sangat membutuhkan peralatan-peralatan untuk menunjang kerja mereka.

mask-wmn

Masyarakat sebaiknya harus lebih bijak dalam melakukan pembelian masker surgical tersebut dikarenakan permintaan yang tinggi untuk kepentingan medis. Erlina burhan, Dokter spesialis paru-paru di Rumah Sakit Persahabatan mengatakan bahwa kita sebagai masyarakat yang tidak memiliki penyakit apapun dan hanya menggunakan masker sebagai pencegahan virus corona, lebih baik menggunakan masker kain daripada masker surgical atau N95. Erlina mengatakan bahwa masker kain memiliki tingkat efektivitas untuk menyaring partikel-partikel yang masuk sebesar 49% sampai dengan 73%, tergantung dengan material kain yang digunakan. Hal ini bisa dibilang sebagai kabar baik, dikarenakan kita tidak perlu lagi untuk membeli masker surgical atau n95 yang harganya selangit dan petugas medis nantinya bisa mendapatkan masker surgical atau N95 lebih mudah.

Terdapat beberapa tips dalam menggunakan masker kain agar efektif, yaitu :

Pilih masker yang sesuai

Belilah masker yang sesuai dengan bentuk dan ukuran wajah anda, karena jika tidak nantinya kita akan mendapat masker dengan ukuran yang kekecilan. Pastikan masker yang anda beli dapat menutupi bagian wajah anda dari hidung, mulut dan juga dagu anda agar anda benar benar terlindungi.

Gunakan dengan sisi yang sama ketika anda memakai masker.

man-mask2

Dikarenakan kita dapat memakai masker kain berkali kali dalam satu hari sebelum mencucinya, kita harus menggunakan nya secara hati hati, jangan sampai anda menggunakan masker di sisi luar yang anda gunakan sebelumnya karena hal ini sama saja anda memasukkan partikel yang telah disaring ke tubuh anda.

Cuci masker secara rutin

Tidak sama dengan masker surgical yang pemakaiannya hanya dapat dilakukan sekali dan hanya untuk pemakaian kurang lebih 8 jam. Masker kain dapat kita cuci berkali kali untuk menghilangkan partikel yang tersaring didalamnya. Masker kain ini wajib kita cuci minimal 1 hari sekali sehingga partikel virus atau bakteri yang masuk dapat dihilangkan. Jangan lupa untuk segera mengeringkan atau menjemur masker setelah mencucinya agar tidak lembab.

hand-sntsr

Memegang tali masker ketika akan dipakai

wear-mask

Ya , sebisa mungkin jangan menyentuh bagian bahan masker ketika akan memakai, karena nantinya tangan anda akan tercemar oleh partikel yang ada dalam masker tersebut dan juga anda dapat membawa partikel baru yang sebelumnya ada di tangan anda. Jadi ketika anda memakai masker lebih baik untuk memegang tali nya saja, tetapi jika harus memegang bahan kain masker lebih baik untuk melakukan cuci tangan baik sebelum dan sesudah memegang.

Ganti masker jika rusak

Lakukan pengecekan terhadap masker anda setiap harinya, apakah ada sobek atau lubang di kain masker. Jika ada segeralah ganti ke masker yang baru, karena memakai masker yang rusak sama saja mengurangi ke-efektivitas an dari masker tersebut.

Sobat YakinSehat begitulah beberapa tips dan juga catatan yang dapat kita berikan dalam mengurangi penggunaan masker kain dan juga mengurangi penggunaan masker surgical atau N95 yang digunakan oleh petugas medis. Jadilah masyarakat yang baik dan cerdas untuk bersama-sama memerangi virus corona di Indonesia ini. Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *