Tips berolah raga saat berpergian

Tips berolah raga saat berpergian

Designed by Freepik

Di era milenial seperti saat ini banyak sekali anak muda maupun orang tua yang memanfaatkan waktu luang mereka untuk bepergian baik dalam jarak yang dekat seperti masih di wilayah lokal maupun juga mancanegara. Mereka melakukan travelling ini untuk mendapatkan waktu santai mereka setelah bekerja berat di hari hari sebelumnya. Makan, bermain, dan berkeliling merupakan beberapa aktivitas yang sering mereka lakukan ketika sedang bepergian, tetapi tahukah anda bahwa sebaiknya saat bepergian kita harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran badan kita sehingga kita memiliki tubuh yang fit baik saat bepergian maupun sesudah bepergian. YakinSehat ingin memberikan beberapa contoh untuk aktivitas olahraga yang bisa kita lakukan saat berpergian.

Manfaatkan fasilitas

treadmill

Ya betul! Manfaatkan fasilitas yang ada ketika anda bepergian, jika anda menyewa sebuah hotel yang memiliki fasilitas kolam renang maupun tempat fitness, sebaiknya anda memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik. Kalian bisa melakukan 30 menit berenang sebelum atau sesudah beraktivitas agar tubuh kalian tetap segar, atau juga melakukan beberapa angkat beban di tempat fitness yang disediakan, dan jika di tempat tersebut terdapat personal trainer maka hal ini menjadi sangat baik karena anda memiliki partner yang akan menuntun anda untuk berolahraga secara benar.

Calisthenic

situp

Jika di hotel anda tidak memiliki fasilitas fitness atau berenang jangan berkecil hati, anda tetap bisa melakukan olahraga di kamar anda yaitu dengan melakukan gerakan Calisthenic atau dalam Bahasa Indonesia yaitu Kalistenik. Kalistenik adalah gerakan olahraga yang memiliki basic gerakannya adalah menarik, mendorong dan mengangkat tetapi tanpa memakai bantuan alat.  Gerakan ini bisa kita lakukan menggunakan berat beban kita, contoh gerakan simple dalam Kalistenik adalah dengan melakukan Push-up, Squat, Lunges, Crunch, Plank dan juga Sit-up. Kalian dapat melakukan olahraga ini sebanyak 3-4 sets dengan melakukan 12-15 repetisi disetiap sets nya, selain mendapatkan tubuh yang bugar anda juga bisa membangun otot dengan melakukan gerakan ini setiap harinya.

Lompat tali

jump robe

Ya lompat tali, mulai saat ini anda bisa membawa alat untuk melakukan kegiatan ini saat anda berpergian, latihan ini sangat simple tetapi hanya lakukan di tempat yang terbuka jangan lakukan di kamar anda karena biasanya akan bertabrakan dengan atap kamar anda.

Stretching

stretching

Stretching atau peregangan juga dapat dilakukan sebagai olah raga ringan untuk anda, gerakan ini dimaksudkan untuk melemaskan otot dan saraf anda yang kaku ketika perjalanan sehingga tubuh anda menjadi rileks kembali. Lakukan beberapa stretching yang simple saja sehingga tidak terjadi kesalahan dalam melakukan gerakan.

Jalan kaki

walk

Ketika anda berpergian ke luar kota maupun ke luar negeri  lalu kalian memiliki tujuan untuk pergi ke arah yang tidak terlalu jauh, lebih baik jangan menggunakan transportasi umum tetapi lakukanlah jalan kaki sampai ke tempat tujuan. Jalan kaki merupakan salah satu olah raga termudah dan juga memiliki banyak manfaat. Jalan kaki dapat menjaga kesehatan jantung, membakar kalori dalam tubuh dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jalan kaki juga dapat membantu melatih kaki anda sehingga memiliki kaki yang kuat dan kencang, selain itu jalan kaki juga dapat menghemat ongkos perjalanan yang cenderung mahal jika kita berada di negeri atau kota orang.

Jadi sobat Yakinsehat, mulai sekarang ketika anda berpergian, cobalah untuk mencoba memasukkan beberapa tips diatas dalam jadwal travelling anda sehingga anda tetap memiliki tubuh yang segar, sehat dan fit baik saat berpergian maupun setelah berpergian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *